Jumat, 06 September 2013

contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013

post signatureRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan    :           SDN TUNAS KARYA
Kelas/Semester          :           IV/1
Tema                          :           Berbagai Pekerjaan
sub Tema                   :           Barang dan Jasa
Waktu                        :           1 x 35 menit

A.   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   Kompetensi Dasar
        IPA
         3.7   Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan teknologi dan
                 masyarakat
        SbdP

         4.4   Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan
                 memanfaatkan bahan dilingkungan
        Bahasa Indonesia
         3.4   Menggali Informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
                 dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
                 memilah kosakata baku.  
C.    Indikator
        IPA
·         Menjelaskan teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan sumber daya alam
         SBdP
·         Membuat minuman sebagai karya yang melengkapi proses pembelajaran tentang teknologi sederhana.
         Bahasa Indonesia
·         Mengolah informasi yang ada di teks dalam bentuk peta pikiran dan langkah-langkah pengerjaanya

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca, siswa mampu mengolah informasi dari teks dengan benar.
2.      Setelah mengamati benda-benda di kelas, siswa mampu memprediksi jenis teknologi yang digunakan untuk pengolahan benda-benda di kelas dengan mandiri
3.      Setelah diskusi, siswa mampu berkreasi membuat sebuah produk yang mengaplikasikan teknologi sederhana dengan memperhatikan langkah-langkah yang diberikan, secara benar dan mandiri
E.    Materi Ajar
1.   Pengolahan informasi dari teks dengan benar
2.   Prediksi jenis teknologi yang digunakan untuk mengolah benda
3.   Kreasi membuat sebuah produk yang mengaplikasikan teknologi sederhana

E.    Alokasi Waktu
1 X 35 menit
F.    Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan:Saintifik (Scientific).
Metode: Diskusi (Discussion).dan Percobaan (Experiment).
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan





Inti
·         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Apersepsi dan memotivasi peserta didik
·         Guru menyampaikan tema pembelajaran “berbagai pekerjaan
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini dan ruang lingkup yang akan di pelajari
·         Menyanyi menanam jagung

·         Peserta didik mencermati media bergambar hasil barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai profesi dan menghubungkan dengan teknologi sederhana
·         Peserta didik menjawab lembar kerja siswa
·         Peserta didik kemudian diminta menyampaikan pendapat tentang jenis pekerjaan orang yang ada digambar dan apa yang dihasilkan.
·         Setelah melihat gambar tersebut, siswa ditanya apakah ada diantara mereka yang menginginkan cita-cita dari salah satu pekerjaan di gambar tersebut.
·         Siswa menempelkan gambar macam-macam pekerjaan sesuai dengan jenis pekerjaannya.
·         Siswa dan guru bersama sama menyimpulkan tentang jenis-jenis pekerjaan
·         Peserta didik diarahkan untuk berkelompok
·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing kelompok diberi tugas untuk menghasilkan produk minuman teh manis  dengan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh guru.
·         Peserta didik mengikuti langkah-langkah pembuatan air teh.
·         Peserta didik diminta mengamati dalam pembuatan air teh tersebut.
·         Menuliskan apa yang terjadi dalam pembuatan teh tersebut
·         Masing-masing peserta didik disuruh mencatat dan menceritakan kembali langkah-langkah dalam membuat air teh
·         Siswa mengerjakan Lembar kerja Siswa
5 menit





25 Menit
Penutup
·  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
·  Peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya  tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·  Penyampaian pesan moral terkait dengan tema dan sub tema pembelajaran hari ini, yaitu peserta didik disarankan untuk memiliki cita-cita yang mulia, yaitu untuk menjadi generasi bangsa yang cerdas, kreatif, dan pantang menyerah untuk membangun negara Kesatuan RI.
·  Salam dan doa penutup.
5 menit

H. Penilaian.
1.      TesTertulisdalambentukuraian.
2.      Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3.      Penilaian kinerja presentasi.
4.      Produk: minuman  dan laporan prakteknya

Kepala Sekolah                                                                             Bandung,       Agustus  2013,
      SDN Tunas Karya                                                                         Guru Kelas 4,


       Lilis Rohayati, S,Pd                                                                    TAUFIK MULYANA



INSTRUMEN PENILAIAN
A.          Format pengamatan sikap

Nama peserta didik
Kerjasama
Keaktifan
Menghargai
Tanggung jawab
Keterangan
BT
MT
MB
MY
BT
MT
MB
MY
BT
MT
MB
MY
BT
MT
MB
MY



























































































BT  =Belum tampak(1)
MT =Mulai Tampak(2)
MB =Makin berkembang(3)
MY =Membudaya(4)

Nilai =   Skor Perolehan x100
              Skor maksimal

B.   Penilaian Presentasi
Format Pengamatan Presentasi Hasil Diskusi
No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Penampilan (gesture)
Sistematika penyampaian
Penguasaan Materi

















Keterangan Skor :                                                                    
Kriteria
Bagus
Cukup
Perlu berlatih
Penyampaian materi
Runtut, Informasi yang disampaikan lengkap dan benar
Runtut, informasi yang disampaikan sebagian  benar
Tidak runtut, Informasi yang disampaikan salah
Aspek bahasa
Kalimat teratur, mudah dipahami, suara jelas, sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, percaya diri
Kalimat dapat dipahami, menggunakan kaidah bahasa Indonesia, tetapi suara kurang jelas
Kalimat tidak teratur, suara jelas, tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia
Penampilan
Ekspresif, percaya diri dan ada kontak mata dengan pendengar
Ekspresif, kurang ada kontak mata dengan pendengar sehingga nampak kurang percaya diri
Belum menunjukkan sikap ekspresif dan percaya diri





Format Penilaian membuat pola pengubinan
No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ketepatan gambar
Banyaknya benda dan gambar yang dibuat
Kerapihan
Ketepatan pengubinan
















Keterangan Skor:
Aspek ke-1 sampai ke-4
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal = 16
              Skor perolehan
Nilai     =                                                                              X  100
              Skor Maksimal

Menanam Jagung
Cipt. NN
Ayo kawan kita bersama, menanam jagung dikebun kita,  ambil cangkulmu 2x
Kita bekerja tak jemu-jemu
Cangkul cangkul yang dalam menanam jagung dikebun kita
 
LAGU



                    









LEMBAR KERJA SISWA
Nama              :............................................
Kelas               :.............................................

Perhatikan berbagai jenis pekerjaan di bawah ini!

    





LEMBAR KERJA SISWA
Nama              :............................................
Kelas               :.............................................














LEMBAR KERJA SISWA
Nama              :............................................
Kelas               :.............................................

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.      Tuliskan langkah-langkah pembuatan air teh manis!
2.      Sebutkan 3 sifat Zat cair ?
3.       Simpulkan dari pembuatan air teh manis tersebut!




1 komentar:

  1. terima kasih mudah-mudahan lulus dengan nilai A dan langsung dapat bea siswa ke S2 PGSD UNS

    BalasHapus

Berita yang lain

FOTO MURID