Satuan Pendidikan : SDN TUNAS KARYA
Kelas/Semester : IV/1
Tema : Berbagai
Pekerjaan
sub
Tema : Barang dan Jasa
Waktu
: 1
x 35 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
IPA
3.7
Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam
dengan lingkungan teknologi dan
masyarakat
SbdP
4.4
Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk
melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan
bahan dilingkungan
Bahasa Indonesia
3.4
Menggali Informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan
memilah kosakata baku.
C.
Indikator
IPA
·
Menjelaskan teknologi yang digunakan
untuk memanfaatkan sumber daya alam
SBdP
·
Membuat minuman sebagai karya yang
melengkapi proses pembelajaran tentang teknologi sederhana.
Bahasa Indonesia
·
Mengolah informasi yang ada di teks dalam
bentuk peta pikiran dan langkah-langkah pengerjaanya
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah membaca, siswa mampu mengolah informasi dari teks dengan benar.
2.
Setelah mengamati benda-benda di kelas, siswa mampu memprediksi jenis
teknologi yang digunakan untuk pengolahan benda-benda di kelas dengan mandiri
3.
Setelah diskusi, siswa mampu berkreasi membuat sebuah produk yang
mengaplikasikan teknologi sederhana dengan memperhatikan langkah-langkah yang
diberikan, secara benar dan mandiri
E.
Materi Ajar
2.
Prediksi jenis teknologi yang digunakan
untuk mengolah benda
3.
Kreasi membuat sebuah produk yang
mengaplikasikan teknologi sederhana
E. Alokasi Waktu
1 X 35 menit
F. Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan:Saintifik
(Scientific).
Metode:
Diskusi (Discussion).dan
Percobaan (Experiment).
G. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
Inti
|
·
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Apersepsi dan memotivasi peserta didik
·
Guru
menyampaikan tema pembelajaran “berbagai pekerjaan”
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan pada hari ini dan ruang lingkup yang akan di pelajari
·
Menyanyi menanam jagung
·
Peserta didik mencermati media bergambar hasil
barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai profesi dan menghubungkan
dengan teknologi sederhana
·
Peserta didik menjawab lembar
kerja siswa
·
Peserta didik kemudian diminta menyampaikan
pendapat tentang
jenis pekerjaan orang yang ada digambar dan apa yang dihasilkan.
·
Setelah melihat gambar tersebut,
siswa ditanya apakah ada diantara mereka yang menginginkan cita-cita dari
salah satu pekerjaan di gambar tersebut.
·
Siswa menempelkan gambar macam-macam
pekerjaan sesuai dengan jenis pekerjaannya.
·
Siswa dan guru bersama sama
menyimpulkan tentang jenis-jenis pekerjaan
·
Peserta didik diarahkan untuk berkelompok
·
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok masing-masing kelompok diberi tugas untuk menghasilkan
produk minuman teh manis dengan
bahan-bahan yang sudah disediakan oleh guru.
·
Peserta didik mengikuti
langkah-langkah pembuatan air teh.
·
Peserta didik diminta mengamati
dalam pembuatan air teh tersebut.
·
Menuliskan apa yang terjadi dalam
pembuatan teh tersebut
·
Masing-masing peserta didik
disuruh mencatat dan menceritakan kembali langkah-langkah dalam membuat air
teh
·
Siswa mengerjakan Lembar kerja
Siswa
|
5 menit
25 Menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan
hasil
pembelajaran
pada
pertemuan
hari
itu.
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
·
Penyampaian pesan moral terkait
dengan tema dan sub tema pembelajaran hari ini, yaitu peserta didik
disarankan untuk memiliki cita-cita yang mulia, yaitu untuk menjadi generasi
bangsa yang cerdas, kreatif, dan pantang menyerah untuk membangun negara Kesatuan
RI.
·
Salam dan doa penutup.
|
5 menit
|
H. Penilaian.
1.
TesTertulisdalambentukuraian.
2.
Penilaian
sikap selama bekerja kelompok
3.
Penilaian
kinerja presentasi.
4.
Produk:
minuman
dan laporan prakteknya
Kepala Sekolah Bandung, Agustus 2013,
SDN Tunas Karya Guru Kelas 4,
Lilis Rohayati, S,Pd TAUFIK MULYANA
INSTRUMEN
PENILAIAN
A.
Format
pengamatan sikap
Nama peserta
didik
|
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai
|
Tanggung jawab
|
Keterangan
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MY
|
BT
|
MT
|
MB
|
MY
|
BT
|
MT
|
MB
|
MY
|
BT
|
MT
|
MB
|
MY
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT =Belum tampak(1)
MT =Mulai
Tampak(2)
MB =Makin
berkembang(3)
MY =Membudaya(4)
Nilai = Skor Perolehan x100
Skor maksimal
B. Penilaian Presentasi
Format Pengamatan Presentasi Hasil Diskusi
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Penampilan (gesture)
|
Sistematika penyampaian
|
Penguasaan Materi
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Perlu berlatih
|
Penyampaian
materi
|
Runtut,
Informasi yang disampaikan lengkap dan benar
|
Runtut,
informasi yang disampaikan sebagian
benar
|
Tidak runtut,
Informasi yang disampaikan salah
|
Aspek bahasa
|
Kalimat
teratur, mudah dipahami, suara jelas, sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia,
percaya diri
|
Kalimat dapat
dipahami, menggunakan kaidah bahasa Indonesia, tetapi suara kurang jelas
|
Kalimat tidak
teratur, suara jelas, tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia
|
Penampilan
|
Ekspresif,
percaya diri dan ada kontak mata dengan pendengar
|
Ekspresif,
kurang ada kontak mata dengan pendengar sehingga nampak kurang percaya diri
|
Belum
menunjukkan sikap ekspresif dan percaya diri
|
Format Penilaian membuat pola pengubinan
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan gambar
|
Banyaknya benda
dan gambar yang dibuat
|
Kerapihan
|
Ketepatan pengubinan
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Aspek ke-1 sampai ke-4
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal = 16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
|
LAGU
LEMBAR KERJA SISWA
Nama :............................................
Kelas :.............................................
Perhatikan
berbagai jenis pekerjaan di bawah ini!
LEMBAR KERJA SISWA
Nama :............................................
Kelas :.............................................
LEMBAR KERJA SISWA
Nama :............................................
Kelas :.............................................
Jawablah Pertanyaan
dibawah ini dengan benar!
1. Tuliskan
langkah-langkah pembuatan air teh manis!
2. Sebutkan
3 sifat Zat cair ?
3. Simpulkan dari pembuatan air teh manis
tersebut!
terima kasih mudah-mudahan lulus dengan nilai A dan langsung dapat bea siswa ke S2 PGSD UNS
BalasHapus