RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN TUNAS KARYA
Kelas / Semester :
4 /1
Tema
: Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema : Ayo Cintai Lingkungan (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.13 Memahami pecahan senilai dan operasi hitung
pecahan menggunakan benda konkret/gambar
4.13 Menguraikan sebuah pecahan menjadi hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagai kemungkinan
jawaban
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
SBdP
3.2 Mengenal gambar alam benda, dan kolase
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai
bahan
4.7 Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu
daerah yang harus dikenal
C.
INDIKATOR
Matematika
Memecahkan masalah operasi hitung pecahan
IPS
Memberi
contoh interaksi manusia dan alam
SBdP
Membuat
kolase dengan teknik yang benar
D.
TUJUAN
Setelah
membaca instruksi, siswa mampu memecahkan masalah operasi hitung pecahan dengan
benar.
Menggunakan
bahan dari alam dan barang bekas, siswa mampu membuat kolase dengan teknik yang
benar.
Dengan
diskusi, siswa mampu menyebutkan contoh interaksi manusia dengan alam sebanyak-banyaknya.
E.
MATERI
Sampah yang dapat dimanfaatkan, desain
untuk kolase menggunakan kombinasi antara bahan alam dan bahan bekas, perkiraan
kombinasi pecahan yang berbeda, contoh sikap peduli lingkungan dan contoh sikap
tidak peduli lingkungan.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Guru menyiapkan fisik dan psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak
siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi
yang relevan dengan pembelajaran hari ini. Menginformasikan
Tema/Sub Tema yang akan
dibelajarkan. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
Selain melihat alat peraga lainnya, siswa dapat
menonton video yang terkait
pembelajaran hari ini, mendatangkan narasumber, membaca buku dari perpustakaan sekolah, perpustakaan online/e-book.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa
mengamati gambar yang ada di buku siswa tentang
sampah yang
dapat dimanfaatkan, kemudian menjawab pertanyaan.
Siswa
membuat desain untuk kolase menggunakan kombinasi antara bahan alam dan bahan
bekas.
·
Guru memastikan siswa memahami langkah-langkah pemecahan
masalah yang terdapat pada buku siswa.
Kolase
Pecahanku
Bahan
• 1 kantong
plastik guntingan koran bekas
• 1 kantong
plastik daun kering
• 1 kantong
plastik biji kacang hijau
• 1 kantong
plastik potongan lidi
• 1 kantong
plastik pasir
• Kalender
bekas/kardus bekas dengan ukuran 15 cm x 30 cm
(Bahan untuk
tiap kelompok)
Langkah-langkah
1.
Ambil 3 bahan yang disukai
2.
Ketiga bahan tersebut harus masuk ke dalam satu kantong
yang ukurannya sama dengan kantong bahan.
3.
Tentukan perkiraan masing-masing bahan yang kamu ambil dalam
bentuk pecahan, nilainya tidak boleh sama satu dengan yang lainnya.
4.
Ketiga bahan yang kamu pilih, jika dijumlahkan akan
berjumlah 1 (satu).
5.
Buatlah 3 (tiga) desain yang lain dengan kombinasi
pecahan yang berbeda.
6.
Misalnya siswa mengambil 12 daun kering, 14 biji kacang
hijau, dan 16 pasir.
Siswa membuat 3 gambar yang berbeda dengan menggunakan
gabungan pecahan yang berbeda pada kolom yang disediakan di buku siswa.
(Penilaian no. 1)
·
Siswa memilih salah satu dari gambar yang telah dibuat
dan dituangkan dalam bentuk karya kolase di kalender bekas atau kardus bekas.
·
Siswa berdiskusi secara berpasangan dan menuliskan contoh
sikap peduli lingkungan dan contoh sikap tidak peduli lingkungan.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
melakukan renungan dengan mengisi daftar periksa tentang kebiasaan terhadap
lingkungan sekitar dengan memberikan tanda (√). Guru
mengarahkan siswa untuk menceritakan pengalaman dalam pembelajaran hari ini. Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan sikap Mencintai Lingkungan dengan
bijak.
Tugas: Siswa diminta mendiskusikan dengan
orang tua tentang pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang dapat
digunakan kembali dan menuliskan hasilnya di buku siswa.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa
membuat kombinasi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan
4 bilangan pecahan yang menghasilkan 1.
Remedial
Remedial
diberikan untuk siswa yang belum mahir dalam mengombinasikan 3 pecahan yang
berbeda untuk membentuk 1. Remedial dilakukan menggunakan media pecahan dan
siswa dipandu menyelesaikan soal secara bertahap.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas
4.
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://SDNTUNASKARYA.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Mencintai Lingkungan
Pasir, biji kacang hijau, potongan
lidi, guntingan Koran bekas, daun kering.
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
KepalaSekolah,
Lilis Rohayati,
S.Pd
NIP. 196412101986032014
|
Parongpong, 24 Juli 2013
Guru Kelas IV
Taufik Mulyana, S.Pd, M.Pd
NIP.198005132009011004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar