Kamis, 10 April 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SDN TUNAS KARYA
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                       :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema                :  Ayo Cintai Lingkungan (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke      :  2
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.13     Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda konkret/gambar
4.13     Menguraikan sebuah pecahan menjadi hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

SBdP
3.2       Mengenal gambar alam benda, dan kolase
4.2       Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
4.7       Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal

C.    INDIKATOR
Matematika
Memecahkan masalah operasi hitung pecahan

IPS
Memberi contoh interaksi manusia dan alam

SBdP
Membuat kolase dengan teknik yang benar

D.    TUJUAN
Setelah membaca instruksi, siswa mampu memecahkan masalah operasi hitung pecahan dengan benar.
Menggunakan bahan dari alam dan barang bekas, siswa mampu membuat kolase dengan teknik yang benar.
Dengan diskusi, siswa mampu menyebutkan contoh interaksi manusia dengan alam sebanyak-banyaknya.

E.     MATERI
Sampah yang dapat dimanfaatkan, desain untuk kolase menggunakan kombinasi antara bahan alam dan bahan bekas, perkiraan kombinasi pecahan yang berbeda, contoh sikap peduli lingkungan dan contoh sikap tidak peduli lingkungan.

F.     PENDEKATAN & METODE

      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Guru menyiapkan fisik dan psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.  Menginformasikan Tema/Sub Tema yang akan dibelajarkan. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Selain melihat alat peraga lainnya, siswa dapat menonton video yang terkait pembelajaran hari ini, mendatangkan narasumber, membaca buku dari perpustakaan sekolah, perpustakaan online/e-book.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa tentang
sampah yang dapat dimanfaatkan, kemudian menjawab pertanyaan.
Siswa membuat desain untuk kolase menggunakan kombinasi antara bahan alam dan bahan bekas.
·    Guru memastikan siswa memahami langkah-langkah pemecahan masalah yang terdapat pada buku siswa.

Kolase Pecahanku
Bahan
1 kantong plastik guntingan koran bekas
1 kantong plastik daun kering
1 kantong plastik biji kacang hijau
1 kantong plastik potongan lidi
1 kantong plastik pasir
Kalender bekas/kardus bekas dengan ukuran 15 cm x 30 cm
(Bahan untuk tiap kelompok)

Langkah-langkah
1.   Ambil 3 bahan yang disukai
2.   Ketiga bahan tersebut harus masuk ke dalam satu kantong yang ukurannya sama dengan kantong bahan.
3.   Tentukan perkiraan masing-masing bahan yang kamu ambil dalam bentuk pecahan, nilainya tidak boleh sama satu dengan yang lainnya.
4.   Ketiga bahan yang kamu pilih, jika dijumlahkan akan berjumlah 1 (satu).
5.   Buatlah 3 (tiga) desain yang lain dengan kombinasi pecahan yang berbeda.
6.   Misalnya siswa mengambil 12 daun kering, 14 biji kacang hijau, dan 16 pasir.
Siswa membuat 3 gambar yang berbeda dengan menggunakan gabungan pecahan yang berbeda pada kolom yang disediakan di buku siswa. (Penilaian no. 1)
·    Siswa memilih salah satu dari gambar yang telah dibuat dan dituangkan dalam bentuk karya kolase di kalender bekas atau kardus bekas.
·    Siswa berdiskusi secara berpasangan dan menuliskan contoh sikap peduli lingkungan dan contoh sikap tidak peduli lingkungan.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan renungan dengan mengisi daftar periksa tentang kebiasaan terhadap lingkungan sekitar dengan memberikan tanda (). Guru mengarahkan siswa untuk menceritakan pengalaman dalam pembelajaran hari ini. Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan sikap Mencintai Lingkungan dengan bijak.
Tugas: Siswa diminta mendiskusikan dengan orang tua tentang pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang dapat digunakan kembali dan menuliskan hasilnya di buku siswa.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa membuat kombinasi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan 4 bilangan pecahan yang menghasilkan 1.

Remedial
Remedial diberikan untuk siswa yang belum mahir dalam mengombinasikan 3 pecahan yang berbeda untuk membentuk 1. Remedial dilakukan menggunakan media pecahan dan siswa dipandu menyelesaikan soal secara bertahap.

    15
    menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4.
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://SDNTUNASKARYA.blogspot.com/
           Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Mencintai Lingkungan
Pasir, biji kacang hijau, potongan lidi, guntingan Koran bekas, daun kering.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui
KepalaSekolah,



Lilis Rohayati, S.Pd
NIP. 196412101986032014
Parongpong, 24 Juli 2013
Guru Kelas IV



Taufik Mulyana, S.Pd, M.Pd
NIP.198005132009011004



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita yang lain

FOTO MURID