RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN TUNAS KARYA KEC. PARONGPONG KAB. BANDUNG BARAT
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
C. Tujuan Pembelajaran** :
o Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
o Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
o Memelihara kesehatan rangka (hlm.8)
Penyakit yang menyerang tulang (hlm.9)
Bersikap tubuh yang benar (hlm.9)
Makanan bergizi dan berolah raga teratur (hlm.11)
E. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas,
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi : Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator | (5 menit) |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang Mengetahui bersikap tubuh yang benar. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: Melakukan kegiatan Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti: - Lordosis - Kifosis - Skoliosis Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka. | (50 menit) |
(5 menit) | |
Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor |
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia o Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | o Jelaskanlah cara pemeliharaan rangka manusia o Carikan informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
§
Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DAYAT, S.Pd TAUFIK MULYANA, S.Pd
NIP : 19630313 198603 1 013 NIP :19800513 200901 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar