Sabtu, 24 September 2016

MEMAHAMI MODUL GURU PEMBELAJAR GPO

Sedikit solusi
Memahami Modul Guru Pembelajar

Sebagaimana kita ketahui bahwa modul yang akan dijadikan referensi materi utama dalam kegiatan Guru Pembelajar memiliki ketebalan halaman yang cukup pantastis.
Bagi rekan-rekan yang sudah terbiasa bergelut dengan hobi membaca bukanlah sesuatu yang menjadi kendala bahkan mereka akan dengan senang berselancar halaman demi halaman terus dibaca habis.
Akan tetapi lain halnya dengan kita yang memiliki kemampuan membaca di bawah rata-rata berhadapan dengan ketebalan bacaan itu bisa menjadi pengantar kelelapan tidur karena jenuh menelusuri rangkaian kalimat di setiap lembarnya.
Tulisan ini trik kecil yang mungkin sedikit memberikan solusi.

1. Isi Modul rata-rata terdiri atas 10 (sepuluh) kegiatan pembelajaran sesuai dengan peta kompetensi yang ada di bagian awal modul.
2. Setiap kegiatan pembelajaran akan disajikan pokok-pokok materi sederhana yang memerlukan pengembangan lebih lanjut.
3. Peserta diharapkan tidak hanya tergantung pada modul untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam sebaiknya dicari di buku referen lain yang sesuai.
4. Peserta sebaiknya sebelum mulai  mempelajari modul disarankan untuk terlebih dahulu menginventarisir materi yang dimuat di daftar isi dilanjut dengan mendalami materi pendahuluan yang di dalamnya memuat tentang: (a) tujuan pembelajaran: (b) indikator pencapaian kompetensi.
5. Setelah selesai satu pembelajaran selanjutnya melakukan latihan/kasus/tugas dengan tujuan untuk lebih memahami materi pembelajaran dan mengukur tingkat ketercapaian kompetensi dijadikan sasaran kegiatan pembelajaran.
6. Gunakan teknik membaca skimming dengan langkah-langkah 1) Lihatlah daftar isi dan kata pengantar secara sekilas 2) Telaah secara singkat latar belakang penulisan buku 3) Baca pendahuluan secara singkat 4) Cari dalam daftar isi bab-bab kemudian cari kalimat-kalimat yang penting 5) Baca bagian simpulan (jika ada) dan 6) Lihat secara sekilas daftar pustaka, daftar indeks, atau apendik
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita yang lain

FOTO MURID