Senin, 28 September 2009

Animasi Tulisan

Bikin Label Animasi dengan Blogomous

Tulisan ini untuk melengkapi buku "Let's Go dengan Blogger" penerbit Elexmedia, jadi silahkan saja donlot kode di bawah untuk nampilin animasi label di blogspot.
-----
Label dalam Blogger dikenal juga sebagai kategori yang berfungsi untuk lebih mengkhususkan tema-tema tulisan dalam blog kita. Fasilitas label ini secara default memang sudah tersedia. Tetapi boleh dong, kamu merasa nggak puas dengan tampilan label yang standar, kamu bisa mengubahnya menjadi animasi yang berputar-putar. Nah untuk mengubahnya, beginilah caranya (eits..jangan lupa untuk membackup template terlebih dahulu) :
1. Buka Edit HTML, dan jangan lupa centang Expand Widget Templatenya
2. Cari kode berikut




Ingat, setiap template memiliki posisi yang berbeda, dan hanya blogger theme gaul saja yang dapat menggunakan model label seperti ini. Jadi kalo kamu pake blogger klasik jelas gak bisa lah.
Tip: Untuk mempermudah pencarianmu, kamu dapat Search kode di atas dengan tekan tombol keyboard Ctrl + F, lalu ketikkan b:section class=”sidebar” id=”sidebar”

3. Setelah itu, copy-kan kode berikut tepat di bawahnya. Eh nggak bisa copy paste ya ( ya iya lah ini khan buku, kalau gitu donlot aja dari http://asdani.blogspot.com deh)
















4. Simpan dan karena ini label, kamu harus membuat label atau tag dulu di setiap posting yang telah kamu lakukan. Caranya klik menu Posting, lalu pilih tab Edit Post
5. Kemudian postingan kamu yang telah lalu tampil. Untuk memberi label, kamu perlu tahu kira-kira kategori apa yang cocok untuk tulisan kamu, misalnya kalo tulisan kamu bertema fotografi, ketik aja “photography”, kalo tentang blog tulis aja “blogger” dan sebagainya. Kamu harus memberi tanda centang di depan postingan, lalu pilih tombol drop down Label Action, dan klik New Label. Dan ketikkan label yang ada di benak kamu tadi.
Beberapa saat kemudian kotak dialog untuk mengisi label akan tampil, ketikkan tema label. Lalu klik tombol OK.
Sekarang coba dilihat deh, blog kamu dengan klik link View. Oh iya, jangan dikira kamu susah mindahin kode label ke lokasi lain. Karena sebenarnya hal itu sangat mudah kamu lakuin. Ingat label khan juga widget, biarpun kamu masukin secara manual. Jadi kamu dapat memindahkan dengan cara yang biasanya, yaitu pilih, klik dan drag atau geser ke lokasi yang kamu inginkan. Eits tentunya kamu harus masuk dulu ke menu Layout > Page Elements.
Sekarang jangan lupa di Save, dan lihat hasilnya. Label akan ditambilkan secara animasi yang berputar-putar halus, jadi akan cukup menarik dipandang.
Share asdani

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita yang lain

FOTO MURID